Uncategorized

Jadi Blogger Goodie Bag? Apa Sih Untungnya?

“Dari mana sih seorang blogger bisa dapat uang?”

Pertanyaan ini jadi yang paling sering muncul ketika saat aku berkumpul dengan teman-teman non-blogger. Kalau menurutku pribadi, menjadi blogger itu sama saja seperti pekerjaan lainnya. Semua dimulai dari nol. Harus branding, harus rajin cari network dan juga pastinya bekerja dengan hati. Pasalnya, penghasilan seorang full-time blogger murni bersumber dari tulisan yang ia bagikan dalam website. Kalau ditanya soal penghasilan, umumnya penghasilan blogger dimulai dari sini:

Google Adsense

Kalau pendapatku secara pribadi, Google Adsense jadi yang paling populer sebagai media untuk menghasilkan uang. Kuncinya kita harus mendatangkan visitor sebanyak mungkin agar memungkinkan peluang pengiklan menjangkau lebih banyak konsumen. Caranya, buat tulisan yang bermanfaat dan evergreen.

Affiliate

Affiliate lebih mirip menjadi partner iklan seperti Google Adsense, cuma yang membedakan kita menulis artikel yang sesuai dengan produk dalam perusahaan affiliate-nya supaya memancing visitor untuk membeli produk mereka.

Endorse

endorse

Nah, selain dua cara diatas para blogger bisa mendapat penghasilan hanya dari endorsment. Kuncinya harus menjadi top influencer. Sama seperti konsep blogging pada umumnya, bedanya ini tidak sekedar menggaet banyak visitor saja, tapi mempengaruhi mereka.

Kalau jaman sekarang, Instagram bermain paling depan soal endorsement. Bahkan Selebgram lokal saja sudah bisa jadi artis tanpa harus proses panjang.

Blogger Goodie Bag

Nah, yang paling unik dalam dunia blogging adalah menjadi blogger goodie bag.

Sebetulnya apa sih goodie bag blogger itu? Kalau menurut opiniku sendiri, blogger goodie bag ini sebenarnya blogger yang sering diundang atau datang dalam sebuah acara karena posisi mereka sebagai seorang influencer. Nah, tidak sedikit dari para blogger ini yang dibayar, diberi materi bermanfaat, jamuan makan dan juga tentunya mendapatkan goodie bag.

Harapannya dengan mengundang blogger pihak penyelenggara (yang punya product atau jasa) bisa mendapatkan bantuan berupa fresh review tentang produk yang dipromosikan. So, buat kamu yang masih belum familiar dengan istilah ini, bisa lihat ulasan singkatnya berikut:

Apa Keuntungan Menjadi Blogger Goodie Bag?

Peluang Cicip Produk Gratis

free sample

Hal yang paling menyenangkan saat diundang sebagai blogger goodie bag adalah bisa mencicipi produk secara gratis. Misalnya kita seorang beauty blogger yang diundang disebuah seminar perusahaan kosmetik yang meluncurkan produk baru.

Nah, enaknya kalau diundang biasanya diberi goodie bag berisi produk dan katalog informasi produknya. Saat inilah kamu bisa mencicipi produk pre-launching secara gratis! Enak, kan?

Memperluas Jaringan

perluas jaringan

Ini bisa dibilang jadi kesempatan langka. Datang ke sebuah seminar tidak melulu tentang cari goodie bag, tapi bisa dapat kesempatan untuk berkenalan dengan orang yang lebih banyak dan menemukan jaringan yang lebih besar. Siapa tahu bisa bertemu dengan orang penting. Iya, kan?

Branding

Siapa sangka loh kalau bisa diundang perusahaan besar untuk tahu produk mereka pertama kali. Ketika kamu menuliskan pengalaman kamu di sebuah blog soal seminar yang baru saja dikunjungi, secara tidak langsung bisa mengangkat nama kamu sebagai seorang blogger. Bahkan kamu bisa dapat materi cuma-cuma langsung dari sumbernya. Jadi bahan yang kamu tulis sangat fresh dan baru.

Selain itu, ini juga membuka peluang penghasilan kamu lewat partner lain, seperti Google Adsense misalnya karena sudah menuliskan review produk yang berguna, sehingga menambah keinginan pengunjung untuk klik iklan.

Meskipun kesannya menjadi blogger goodie bag itu murahan, tapi kalau kita perhatikan lebih dalam justru ini kesempatan yang sangat besar untuk membangun jaringan lebih luas.

 

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Jens

Blogger pemula yang senang dengan berbagai hal baru, tempat baru dan tentu saja teman baru ! Penikmat teh yang hobi mendengarkan musik slow saat didepan laptop ini bercita-cita punya rumah di desa dengan jaringan internet yang mumpuni.. hehehe.